Pembakaran langsung dan tidak langsung

Seperti yang saya sudah bahas dalam Ruang Pembakaran. kali ini saya membahas tentang pembakaran langsung dan tidak langsung.

bentuk ruang bakar pada motor diesel sangat menentukan terhadap kemampuan mesin, sebab ruang bakar dirancang sedemikian rupa agar mempercepat campuran udara dan bahan bakar menjadi homogen dan mudah terbakar sekaligus. Berikut ini di terangkan tipe ruang bakar yang di gunakan pada mesin diesel :

  1. Tipe ruang bakar langsung (direct combustion chamber)

  2. Tipe ruang bakar tambahan (auxiliary combustion chamber)

  • Ruang bakar muka (Pre-combution chamber)
  • Ruang bakar pusar (Swirl combution chamber)

1. Tipe Ruang Bakar Langsung (Direct Combustion Chamber)

Seperti yang ditunjukan pada gambar, ruang bakar ditempatkan diantara silinder head dan bahan bakar langsung diinjeksikan kedalam ruang bakar. Pada sistem ini, untuk mendapatkan campuran yang baik, bentuk nozzle dan arah injeksi merupakan faktor yang sangat menentukan.


dadap-bsd.blogspot.com
jenis pembakaran



dadap-bsd.blogspot.com
Ruang bakar langsung

Keuntungan
- Efisiensi panas lebih tinggi dan pemakaian bahan bakar lebih hemat karena bentuk ruang bakar yang sederhana.
- Start dapat dilakukan dengan mudah pada waktu mesin dingin tanpa menggunakan alat pemanas (heating).
- Cocok untuk mesin-mesin besar (high power) karena konstruksi dari kepala silinder sederhana dan kerugian kecil.
- Temperatur gas buang relatif lebih rendah

Kerugian
- Sangat peka terhadap mutu bahan bakar dan membutuhkan mutu bahan bakar yang baik.
- Membutuhkan tekanan injeksi yang lebih tinggi
- Sering terjadi gangguan pada nozzle dan umur nozzle lebih pendek karena menggunakan multiple hole nozle  (nozzle lubang banyak)
- Dibandingkan dengan jenis ruang bakar tambahan,  turbulensi lebih lemah. jadi sulit untuk kecepatan tinggi


2. Tipe Ruang Bakar Tambahan (Auxiliary Combustion Chamber)

  • Ruang Bakar muka (Pre-Combustion Chamber)

Seperti yang ditunjukan pada gambar di bawah in, bahan bakar disemprotkan ke dalam ruang bakar muka oleh injection nozzle, sebagia bahan bakar yang tidak terbakar dalam ruang bakar muka didorong melaluo saluran kecil antara ruang bakar muka dan ruang bakar utama. Maka terjadilah percampuran yang baik dan terbakar seluruhnya di ruang bakar utama.

dadap-bsd.blogspot.com
Ruang bakar muka

 Keuntungan
- Jenis bahan bakar yang dapat digunakan lebih luas, karena turbulensi sangat baik untuk mengkabutkan bahan bakar.
 - Perawatann pada pompa injeksi lebih gampang karena tekanan penyemprotan lebih rendah dan tidak terlalu peka terhadap perubahan saat injeksi.
- Detonasi berkurang dan bekerjanya mesin lebih baik sebab menggunakan throttle nozze.

Kerugian
- Biaya pembuatan lebih mahal sebab perancangan silinder head lebih rumit.
- Membutuhkan motor starter yang besar. kemampuan start lebih buruk, karena itu harus menggunakan alat pemanas (heating).
- Pemakaian bahan bakar boros.


  • Ruang bakar Pusar (Swirl Chamber)

 Seperti yang ditunjukan pada gambar dibawah ini, ruang bakar model pusar (swirl chamber) berbentuk bundar. Piston memampatkan udara, sehingga udara tersebut masuk kedalam ruang bakar ousar dan membuat aliran turbulensi. Bahan bakar diinjeksikan kedalam udara turbulensi dan terbakar didalam ruang bakar pusar. Tetapi sebagian bahan bakar yang belum terbakar masuk kedalam ruang bakar utama melalui saluran untuk selanjutnya terbakar seluruhnya didalam ruang bakar utama.


dadap-bsd.blogspot.com
Ruang bakar pusar



Keuntungan
- Dapat menghasilkan putaran tinggi karena turbulensinya yang sangat singkat baik pada saat kompresi.
- Gangguan pada nozzle berkurang karena menggunakan nozzle tipe pin.
- Putaran mesin lebih tinggi dan operasinya lambat, menyebabkan jenis ini cocok untuk automobil.

Kerugian
 - Konstruksi silinder head rumit.
- Efisiensi panas dan pemakaian bahan bakar lebih boros dibandingkan dengan tipe ruang bakar langsung.
- Detonasi lebih besar pada kecepatan rendah.


Sekian pembahasan tentang pembakaran langsung dan tidak langsung. Semoga bermanfaat untuk kita semua.



|baca juga| Macam-macam ruang pembakaran pada engine

|baca juga| Sistem pendingin (cooling sistem) pada engine

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pembakaran langsung dan tidak langsung"

Post a Comment