Seperti yang saya sudah bahas dalam Ruang Pembakaran. kali ini saya membahas tentang pembakaran langsung dan tidak langsung.
bentuk ruang bakar pada motor diesel sangat menentukan terhadap kemampuan mesin, sebab ruang bakar dirancang sedemikian rupa agar mempercepat campuran udara dan bahan bakar menjadi homogen dan mudah terbakar sekaligus. Berikut ini di terangkan tipe ruang bakar yang di gunakan pada mesin diesel :
Keuntungan
- Efisiensi panas lebih tinggi dan pemakaian bahan bakar lebih hemat karena bentuk ruang bakar yang sederhana.
- Start dapat dilakukan dengan mudah pada waktu mesin dingin tanpa menggunakan alat pemanas (heating).
- Cocok untuk mesin-mesin besar (high power) karena konstruksi dari kepala silinder sederhana dan kerugian kecil.
- Temperatur gas buang relatif lebih rendah
Kerugian
- Sangat peka terhadap mutu bahan bakar dan membutuhkan mutu bahan bakar yang baik.
- Membutuhkan tekanan injeksi yang lebih tinggi
- Sering terjadi gangguan pada nozzle dan umur nozzle lebih pendek karena menggunakan multiple hole nozle (nozzle lubang banyak)
- Dibandingkan dengan jenis ruang bakar tambahan, turbulensi lebih lemah. jadi sulit untuk kecepatan tinggi
Keuntungan
- Jenis bahan bakar yang dapat digunakan lebih luas, karena turbulensi sangat baik untuk mengkabutkan bahan bakar.
- Perawatann pada pompa injeksi lebih gampang karena tekanan penyemprotan lebih rendah dan tidak terlalu peka terhadap perubahan saat injeksi.
- Detonasi berkurang dan bekerjanya mesin lebih baik sebab menggunakan throttle nozze.
Kerugian
- Biaya pembuatan lebih mahal sebab perancangan silinder head lebih rumit.
- Membutuhkan motor starter yang besar. kemampuan start lebih buruk, karena itu harus menggunakan alat pemanas (heating).
- Pemakaian bahan bakar boros.
Keuntungan
- Dapat menghasilkan putaran tinggi karena turbulensinya yang sangat singkat baik pada saat kompresi.
- Gangguan pada nozzle berkurang karena menggunakan nozzle tipe pin.
- Putaran mesin lebih tinggi dan operasinya lambat, menyebabkan jenis ini cocok untuk automobil.
Kerugian
- Konstruksi silinder head rumit.
- Efisiensi panas dan pemakaian bahan bakar lebih boros dibandingkan dengan tipe ruang bakar langsung.
- Detonasi lebih besar pada kecepatan rendah.
Sekian pembahasan tentang pembakaran langsung dan tidak langsung. Semoga bermanfaat untuk kita semua.
|baca juga| Macam-macam ruang pembakaran pada engine
|baca juga| Sistem pendingin (cooling sistem) pada engine
bentuk ruang bakar pada motor diesel sangat menentukan terhadap kemampuan mesin, sebab ruang bakar dirancang sedemikian rupa agar mempercepat campuran udara dan bahan bakar menjadi homogen dan mudah terbakar sekaligus. Berikut ini di terangkan tipe ruang bakar yang di gunakan pada mesin diesel :
Tipe ruang bakar langsung (direct combustion chamber)
Tipe ruang bakar tambahan (auxiliary combustion chamber)
- Ruang bakar muka (Pre-combution chamber)
- Ruang bakar pusar (Swirl combution chamber)
1. Tipe Ruang Bakar Langsung (Direct Combustion Chamber)
Seperti yang ditunjukan pada gambar, ruang bakar ditempatkan diantara silinder head dan bahan bakar langsung diinjeksikan kedalam ruang bakar. Pada sistem ini, untuk mendapatkan campuran yang baik, bentuk nozzle dan arah injeksi merupakan faktor yang sangat menentukan.jenis pembakaran |
Ruang bakar langsung |
Keuntungan
- Efisiensi panas lebih tinggi dan pemakaian bahan bakar lebih hemat karena bentuk ruang bakar yang sederhana.
- Start dapat dilakukan dengan mudah pada waktu mesin dingin tanpa menggunakan alat pemanas (heating).
- Cocok untuk mesin-mesin besar (high power) karena konstruksi dari kepala silinder sederhana dan kerugian kecil.
- Temperatur gas buang relatif lebih rendah
Kerugian
- Sangat peka terhadap mutu bahan bakar dan membutuhkan mutu bahan bakar yang baik.
- Membutuhkan tekanan injeksi yang lebih tinggi
- Sering terjadi gangguan pada nozzle dan umur nozzle lebih pendek karena menggunakan multiple hole nozle (nozzle lubang banyak)
- Dibandingkan dengan jenis ruang bakar tambahan, turbulensi lebih lemah. jadi sulit untuk kecepatan tinggi
2. Tipe Ruang Bakar Tambahan (Auxiliary Combustion Chamber)
Ruang Bakar muka (Pre-Combustion Chamber)
Ruang bakar muka |
Keuntungan
- Jenis bahan bakar yang dapat digunakan lebih luas, karena turbulensi sangat baik untuk mengkabutkan bahan bakar.
- Perawatann pada pompa injeksi lebih gampang karena tekanan penyemprotan lebih rendah dan tidak terlalu peka terhadap perubahan saat injeksi.
- Detonasi berkurang dan bekerjanya mesin lebih baik sebab menggunakan throttle nozze.
Kerugian
- Biaya pembuatan lebih mahal sebab perancangan silinder head lebih rumit.
- Membutuhkan motor starter yang besar. kemampuan start lebih buruk, karena itu harus menggunakan alat pemanas (heating).
- Pemakaian bahan bakar boros.
Ruang bakar Pusar (Swirl Chamber)
Ruang bakar pusar |
Keuntungan
- Dapat menghasilkan putaran tinggi karena turbulensinya yang sangat singkat baik pada saat kompresi.
- Gangguan pada nozzle berkurang karena menggunakan nozzle tipe pin.
- Putaran mesin lebih tinggi dan operasinya lambat, menyebabkan jenis ini cocok untuk automobil.
Kerugian
- Konstruksi silinder head rumit.
- Efisiensi panas dan pemakaian bahan bakar lebih boros dibandingkan dengan tipe ruang bakar langsung.
- Detonasi lebih besar pada kecepatan rendah.
Sekian pembahasan tentang pembakaran langsung dan tidak langsung. Semoga bermanfaat untuk kita semua.
|baca juga| Macam-macam ruang pembakaran pada engine
|baca juga| Sistem pendingin (cooling sistem) pada engine
0 Response to "Pembakaran langsung dan tidak langsung"
Post a Comment