Macam-macam Bentuk dan Ruang Pembakaran


Beberapa contoh Ruang Pembakaran dan Bentuknya


Ruang Pembakaran adalah ruang yang dilingkupi oleh permukaan bawah silinder head, permukaan atas silinder blok dan permukaan atas silinder saat piston berada di titik mati atas (TMA)
Ada beberapa macam tipe ruang bakar sesuai dengan bentuk, ruang bakar, letak valve intake, exhaust valve, dan busi. Dengan tujuan agar diperoleh thermal efisiensi yang maksimal.

Klasifikasi berikut ini di sesuaikan dengan letak intake valve dan exhaust valve



dadap-bsd.blogspot.com
Type Ruang Pembakaran

Over head valve type

Intake valve dan exhaust valve dipasang dipermukaan bagian atas silinder head. Dapat disebutkan juga tipe (OHV) Over Head Valve atau tipe I-Head. Ruang bakar tipe ini di bentuk agar berbentuk bulat, untuk menghasilkan pusaran saat udara di kompresi. Oleh sebab itu, penyalaan dapat merata ke seluruh arah. tiper ruang bakar ini lebih banyak di gunakan.


Side Valve type

Letak intake valve dan exhaust, sejajar lurus disatu sisi silinder blok. tipe ini juga di sebut tipe L-Head. Bentujk ruang bakar rata (Flat) sehingga struktur silinder head lebih sederhana dan biaya manufacturing lebih murah dibandingkan dengan tipe over head walaupun efisiensi pembakaran lebih buruk, strukturnya juga lebih menguntungkan terutama untuk perawatan dan bongkr pasang silinder dehad. Sehingga ruang bakar tipe ini banyak di gunakan.

F-head type

Intake valve dan exhaust valve masing-masing di pasang pada silinder head dan pada sisi silinder blok. Tipe ini adalah gabungan dari tipe over head valve dan tipe side vavle. Bentuk ruang bakar agak mirip dengan tipe side vavle. Bagaimanapun juga, mekanisme gerakan valve lebih kompleks dibanding dengan tipe side vavle. Sehingga tipe ini jarang di gunakan.

T-head Type

Intake valve dan exhaust valve masing-masing dipasangi secara terpisah disisi dari silinder blok. Tipe ini memudahkan udara masuk dan keluar. Sebaliknya, diperlukan waktu yang lebih lama untuk meratakan pembakaran dan pendinginan. Permukaan juga lebih besar sehingga efisiensi panas (thermal efficiency) lebih bruk. Karena itu, ruang bakar tipe ini sangat jarang digunakan.



Baiklah sekian penjelasan tentang beberapa bentuk ruang pembakaran, semoga bermanfaat bagi kita semua.

|baca juga|


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Macam-macam Bentuk dan Ruang Pembakaran"

Post a Comment